Cara Mempercepat Loading Blog dan Mendapatkan Skor Tinggi di PageSpeed Insights

Tutorial.bloklimasatu.comGoogle sebagai vendor perusahan mesin pencari terbesar di dunia selalu melakukan perubahan algoritma. Perubahan ini tidak lain tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan akses dan kenyamanan bagi penggunanya. Yaitu dengan menawarkan kecepatan akses dan info aktual yang dibutuhkan oleh usernya.

Namun terkadang perubahan algoritma ini juga menjadi batu sandungan bagi para admin website atau blog yang berusaha memberikan kemudahan dan kenyamanan pula kepada pengunjungnya. sebagus apapun, semenarik apapun, semahal apapun konten sebuah blog ataupun website, bila tidak ditunjang dengan respon yang cepat situs itu sendiri, maka tidak sedikit pengunjung akan lari dan mencari situs lain. Sehingga pemilik blog garus tahu cara efektif mempercepat loading blog.


Dengan demikian selain harus mendaftarkan artikel ke webmaster seorang blogger mesti menambah kecepatan blog dengan mengikuti perkembangan algoritma terupdate yang diterapkan oleh google; yang tentu saja kita tidak diberitahu secara mendetail, melainkan harus ada usaha untuk memahami apa yang diinginkan oleh google.

Dan jika membahas tentang kecepatan akses sebuah blog atau website menurut google, maka pikiran kita akan tertuju pada sebuah situs atau alat untuk mengecek kecepatan akses blog yang sedang kita kelola yaitu PageSpeed Insights. Dengan situs ini kita bisa mengetahui seberapa cepat blog kita bisa diakses dengan jaringan yang normal.

Berikut ini adalah cara cara mempercepat loading blog dengan script untuk Mendapatkan skor tinggi di PageSpeed Insights

  1. Buka situs Google PageSpeed Insights dan cek berapa kecepatan anda
  2. Login ke akun Blog kamu
  3. Pilih pada bagian tema (Theme)
  4. Pilih Edit HTML
  5. Cari kode </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;
  6. Letakkan kode di berikut ini tepat dibawanya:
  7. <script> //<![CDATA[ var lazyadsense = false; window.addEventListener("scroll", function(){ if ((document.documentElement.scrollTop != 0 && lazyadsense === false) || (document.body.scrollTop != 0 && lazyadsense === false)) { (function() { var ad = document.createElement('script'); ad.type = 'text/javascript'; ad.async = true; ad.src = 'https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'; var sc = document.getElementsByTagName('script')[0]; sc.parentNode.insertBefore(ad, sc); })(); lazyadsense = true; } }, true) //]]> </script>
  8. Simpan tema

Ternyata cukup mudah memasang script fast loading blog.

Silahkan buka kembali Google PageSpeed Insights dan badingkan dengan hasil sebelumnya. Jika skor anda di Google Page Speed Insights kecil, silahkan baca kekurangan apa yang ada pada blog anda pada bagian bawah skor anda. Jika skor sudah jauh lebih besar dari sebelumnya, selamat anda sudah berhasil dan jangan lupa ucapkan Alhamdulillah.

Semoga apa kami sampaikan ini bermanfaat dan mampu membantu anda untuk mendapatkan skor maksimal seperti yang anda inginkan dan mendapat pengunjung banyak seperti yang anda harapkan.
Loading...

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter